Wednesday, March 27, 2013

Muffin Jagung Keju



Yuhuuuuu muffin againnnnnn.... karena aku salah satu penggemar beratnya ^^
Kali ini mencoba variasi lain yaitu muffin jagung keju...kebetulan masih ada sisa jagung pipil kaleng di kulkas, daripada ngedon kelamaan takut basi aku mau berdayakan bikin muffin aja...hehehe...
Bikinnya pagi2 sekalian buat sarapan n bekal papio yang lagi kursus IALF #semoga tambah semangat belajarnya habis sarapan muffin mamio hihihiihi...lebayyak ^

Muffin jagung keju ini pada dasarnya mempunyai cita rasa gurih (pemakaian gula hanya 50 grm) dan biasanya dapat divariasikan dengan daging kornet/daging ayam cincang atau daging asap cincang.
Karena aku hanya memakai jagung dan keju maka pemakaian gula aku tambah menjadi 150grm supaya manis.....next time mau coba yang pakai daging ayam cincang ,,penasaran juga sama muffin gurih hehhehe

Meskipun aku gak pakai daging ayam cincang tetep aja muffinku ini enyakkkkkk.....perpaduan jagung manis dan keju ,,,yummyyyy....yuks dicoba bikin....^^





Bahan :
200gram tepung terigu self-raising
100gram tepung terigu cakra (protein tinggi)
1/2sendok teh baking powder (aku pake 1 sdt)
50gram gula halus (aku pakai 150gram, supaya manis)
100gram jagung manis kalengan (aku sebagian diblender, sebagian biarkan pipilan)
100gram keju parut
100cc susu cair
100gram mentega, cairkan
5butir telur, kocok sebentar

Cara Mengolah :
1. Tiriskan jagung manis kalengan, dan keringkan dengan tisue
2. Campur kedua macam tepung, gula, dan baking powder, kemudian ayak.
3. Masukkan jagung manis dan keju parut (sisakan untuk ditaburkan), aduk rata, sisihkan.
4. Dalam wadah terpisah campur telur kocok, susu cair, dan mentega cair, aduk sampai tercampur rata.
5. Tuang adonan telur sekaligus ke dalam campuran tepung, aduk perlahan menggunakan garpu saja sampai tercampur rata.
6. Siapkan cetakan muffin, olesi mentega tipis-tipis (atau lapisi dg paper cup)
7. Tuang adonan muffin ke dalam cetakan sampai hampir penuh, taburi sisa jagung manis dan keju parut.
8. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 25 menit.
9. Angkat, keluarkan muffin dan cetakan, hidangkan hangat.


Stay baking n cooking with love,
MF

No comments:

Post a Comment