Sunday, October 30, 2016

Bandeng Goreng Bebas Duri ( Tanpa Presto )


Kali ini aku ingin berbagai tips bagaimana menggoreng ikan Bandeng bebas duri tanpa presto ataupun cabut duri ^^
Siapa yang gak kenal sama Ikan Bandeng, ikan yang gurih dan enak saat digoreng. Banyak olahan ikan Bandeng yang memudahkan kita untuk konsumsi antara lain dengan di presto atau cabut duri dijamin aktivitas makan tinggal hap hap bebas memilih-milih duri.

Namun olahan Bandeng dengan presto ataupun cabut duri tentunya memperpanjang waktu masak kita, cabut duri harus telaten milihin durinya satu-satu ( aduhhh ini udah pasti mamio menyerah duluan kalo buat masak harian :q ) dan presto harus memasaknya dahulu dengan panci presto dan menurutku bandeng goreng dengan dipresto agak mengurangi kegurihan dan kelezatan bandengnya, lebih enak menggoreng ikan bandeng dalam keadaaan masih segar.

Sebetulnya banyak bandeng presto dan cabut duri lunak dijual dipasaran ya, tapi tentunya dalam segi harga sudah berbeda dengan ikan bandeng segar. Sesekali okelah beli, jadi tapi kadang untuk varian masakan harian Ikan Bandeng pengen juga bisa masak sendiri yang bebas duri supaya anak-anakpun bisa makan tidak kesulitan karena durinya yang bejibun dan tajem.

Aku sendiri untuk varian masakan harian ikan bandeng biasa aku olah dengan cara memakai kuah atau pindang bandeng presto, resep bisa klik disini 
Dan cara kedua paling praktis yaitu dengan digoreng dengan cara berikut ini, dijamin bebas duri dan anak-anakpun bisa menyantapnya dengan leluasa tanpa takut tertelan ataupun tertusuk duri.
Yuks langsung ke tipsnya ^_^

 Ikan Bandeng yang akan diolah untuk digoreng dikerat-kerat seperti gambar ya buibu...jarak antar keratan kurleb setengah cm dan harus bolak balik dong ya,,,,kalau cuma satu sisi yang dikerat ntar ikan sebelah dong hihihihi


 Ini aku zoom supaya terlihat jelas, supaya hasil keratan rapi dan dalam, harus memakai pisau yang tajam ya...its a must!,jika akan mengerat sendiri dengan pisau yang kurang tajam hasilnya daging ikan akan tertekan n hancur bahkan keluar2....kalau buibu bayanginnya udah pegel dan gak ada pisau tajem minta tolong abang ikannya saja buat keratin (ini cara mamio supaya memperpendek waktu masak dan praktiss bangetss heheh..alhamdulillah abang ikan langganan mamio sejauh ini dengan senang hati bantuin keratin ^^)

 Keratan ikan dalamnya yang sedang saja buibu tidak harus menyentuh tulang tengah ikan, hal itu sudah cukup membuat duri tidak terasa saat disantap

Mudah bukan,,,yuk dicoba  ^_^

Setelah dikerat ikan Bandeng bisa langsung diolah untuk diberi bumbu ikan goreng, bisa memakai resep yang sudah sering digunakan. Untuk ikannya dapat dipotong-potong sebelum digoreng ataupun digoreng utuh (sesuai selera).

Penampakan ikan saat dibumbui dan aku potong-potong 

 
Yeayyy ikan bandeng bebas durinya sudah siap santap dan tentunya babykol bisa makan juga tanpa khawatir tertusuk atau tertelan durinya ^^, enak disantap dengan nasi putih hangat,lalapan dan sambal terasi...selamat mencoba..


Berikut resep ikan goreng, bisa memakai resep yang sudah biasa dipakai (untuk resep dibawah ini aku memakai takaran kira-kira yaa )

Bahan :
2 Ikan Bandeng ukuran sedang
Minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus :
5 butir Bawang Putih
1 sdm ketumbar 
1 ruas kunyit
1 kemiri
Garam secukupnya 
Air Putih 150ml


Cara :
1. Kerat ikan bandeng bolak balik dengan jarak setengah cm kemudian potong2 atau biarkan utuh
2. Bumbui ikan dengan bumbu halus dan air,diamkan kurleb 15 menit supaya meresap
3. Goreng ikan dengan api sedang
4. Hidangkan


Stay baking n cooking with love,
MF
 

7 comments:

  1. hai mva Maudy salan kenal ya.. hmm tipsnya oke banget kyknya.klo utk di pepes,apakah juga tetep dg tips tersebut mba??

    ReplyDelete
  2. selain ikan bandeng masih ada lagi ga Kak ?

    ReplyDelete
  3. Terima kasih ibu resepnya .. siap mencoba ..

    ReplyDelete
  4. Jadi lapar saya..ingat masakan ortu di kampung. Memang mantap kakak ini.salut👍

    ReplyDelete
  5. Tipnya oke banget...sudah dicoba. Terbukti duri si bandeng tidak menganggu...Terima kasih banyak

    ReplyDelete
  6. Terimakasih bunda resepnya bisa dicoba Ni...

    ReplyDelete
  7. Makasih Kak tipsnya. Bandeng emang ikan paling njelimet ya durinya. Padahal dagingnya gurih.

    Insya Allah ntar saya cobae cara ini

    ReplyDelete