Monday, February 18, 2013

Muffin Triple Chocolate

Muffin Triple Chocolate ini adalah muffin pertamakuuuu ♡♡····
Awalnya karena sering beli di gerai toko roti franchise yg ada di emol2 itu....n karena penasaran mulailah googling resepnya......

Dari semua info yg aku dapet bikinnya tuh gampang bangetzzz....ga ribet,ga repot,cuma campur2,aduk2,oven deh...no need mixer! 
Wahhh ..berarti wajib coba nih..and then disuatu hari weekend aku bikin nih muffin....


Yeayyy..muffinku high rise.....rasanya excited bgt liat penampakan muffin pertama ku yg bisa menjulang...pokoknya senengggg n puassss bgttt lihat hasilnya....scr ini baru pertama kali bikin muffin seumur hidup hihihihii....(#lebayyak)


Rasa muffin ini nyoklat bgt karena pakai 3 macam coklat  Yaitu coklat bubuk, dark cooking chocolate n chocolate chips....lembut,moist, empuk..yummy ;-)
Muffin menurut aku cukup mengenyangkan mungkin krn teksturnya agak sedikit berat jadi memang cocok untuk sarapan....bekal ke sekolah n kantor ......

Bahan :
1 3/4 cup terigu serba guna
1/4 cup coklat bubuk
1 sdm baking powder
1/4 sdt garam

1/2 cup gula pasir
1 telur ukuran besar
1 cup susu cair
1/4 cup butter/margarine, lelehkan
50 gram dark cooking chocolate, lelehkan
1/2 sdt essence vanilla


Cara membuat :

1.Dalam wadah besar campur jadi satu terigu, baking powder, garam, gula dan Buat lubang di tengahnya.
2. Di wadah lain campur telur, butter/margarin leleh, dcc leleh, susu cair dan essence vanilla. Aduk rata. Masukkan ke dalam campuran terigu, aduk hanya sampai tercampur dan terigu jadi basah saja (jangan overmix atau diaduk berlebihan). Sendoki ke loyang muffin yg telah dioles margarin (atau gunakan papercup dalam lubang loyang muffin).
3. Panggang dalam oven dengan suhu 205 derajat celcius selama 25 menit sampai matang.

Tips:

-Saat bahan basah dicampur dengan bahan kering, aduk sebentar saja hanya sampai campuran terigu menjadi basah dan tercampur dengan bahan basah. Jangan overmix atau diaduk berlebihan. Biarkan adonan teksturnya seperti lumpur (lumpy) dan terlihat agak 'gerendel-gerendel'. Itulah yg membuat tekstur khas muffin. 
- Gunakan suhu tinggi dalam pemanggangan agar adonan muffin bisa naik dengan bagus dan munjung (high dome muffin).
- Nikmati muffin saat masih hangat (lebih enak), jika akan disimpan dulu, simpan dalam wadah tertutup. Ketika akan disajikan cukup dihangatkan kembali selama 5 menit.

Stay baking n cooking with love,

MF

2 comments: