Monday, February 25, 2013

Cumi Masak Hitam

Cumi masak hitam ini lumayan sering kubuat ....kuahnya yg hitam itu justru yg bikin enakkk,apalagi kalau di santap dengan nasi hangat...hmm sensasinyaa tiada tara ^^

Aku kalau bikin gak pernah pakai cabai, biar anak2ku bisa makan juga dan kebetulan mereka suka dengan olahan cumi model begini...setiap memasak cumi ini mereka bilangnya " waa ..mami masak ubur2 item " hihihihi mereka selalu nyebutnya ubur2 pdhl udah berkali2 diberitahu kalau itu cumi bukan ubur2..tapi teuteppppp aja hehe....



Untuk memasak cumi ini jangan lupa memilih ukuran cumi yang agak besar, karena jika mengkerut sewaktu diolah tidak terlalu kecil jadinya.

Bahan:
500 gram cumi ukuran sedang
Air jeruk nipis sedikit
Garam sedikit (1/4 sdt)

6 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
1 cm lengkuas, digeprek
1 cm jahe, digeprek
1 batang serai, digeprek
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk, sobek sobek
Cabai hijau secukupnya, iris serong

3/4 sdt garam
3/4 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
Air secukupnya untuk meresapkan bumbu
Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara membuat:
1. Cumi dicuci bersih. Hati-hati jaga agar kantong tinta jangan pecah. Keluarkan kepala cumi dengan perlahan. Buang tulang rawan di bagian punggung cumi. Tiriskan. Lumuri air jeruk nipis dan garam. Sisihkan dan diamkan 15 menit.

2. Panaskan minyak goreng. Tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, serai, daun salam dan daun jeruk hingga harum. Masukkan cabai hijau, tumis sebentar.

3. Masukkan cumi. Aduk rata hingga cumi agak mengkerut. Tambahkan air, garam, kaldu bubuk, merica bubuk dan gula pasir. Masak hingga kuah berkurang dan mengental. Cicipi. Angkat dan sajikan.


Stay baking n cooking with love,
MF

2 comments:

  1. masak cumi pake pewarna bisa ngga ya. biar ngga hitam, heheh.kadang ada yang ngga suka warna hitam.resep masakan

    ReplyDelete
  2. Mas gigih bisa membuang kantung tintanya saat mencuci shg warna yg dihasilkan saat memasak cumi tdk berwarna hitam..semoga membantu :)

    ReplyDelete