Sunday, May 29, 2016

Balado Terasi Ikan Tongkol


Ikan dibumbu balado merupakan sajian lauk yang biasa terhidang di meja makan. Merupakan olahan ikan berbumbu cabe yang hampir semua kalangan menggemari nya dan mungkin merupakan pilihan ibu-ibu semua untuk disajikan sebagai variasi menu harian.


Untuk olahan balado kali ini aku menggunakan Ikan tongkol, kebetulan tadi di abang sayur ada ikan tongkol segar dan dari penampakannya menarik jadi aku minta abangnya untuk ikannya di fillet kemudian dipotong-potong, n tulangnya so pasti sudah gak ada karena dipotong model fillet.

Bumbu yang ku blender ^^

Bumbu baladonya aku memakai resep pada umumnya cukup ditambahkan terasi dan daun jeruk yang aku ulek bersamaan dengan cabai. Seperti biasa berhubung mamio gak pandai ngulek cabai pakai cobek maka pakai alat andalan yaitu blender ..cemplung-cemplung-pencet-aluss dehh ^^, terus terang kegiatan dapur yang paling aku hindari ngulek...lama aja perasaan alusnya jadi akhirnya selalu pakai blender. Even aku bikin sambal pun pakai blender..padahal banyak yang bilang lebih sedap pakai cobek yaa...mungkin batunya yang bikin sedap atau apalah entah...nanti kita tanyakan pada rumput yang bergoyang dulu hehhehe #kidding yaa buibuuu ..^^

Banyaknya cabe dalam balado bisa disesuaikan selera, jika ingin pedas bisa ditambahkan beberapa cabai..begitupun penambahan terasi dan daun jeruk, disesuaikan selera saja yaaa ^^.
Menurutku balado yang ditambahkan terasi dan daun jeruk yang diuleg bersamaan dengan bumbu lain rasanya lebih maknyusss...



Berikut resep balado nya ....jangan lupa dipraktekkan yaaa ^^

Bahan :
400 gram ikan tongkol tanpa tulang,dipotong sesuai selera
1/2 sdt garam
1 sdt air jeruk nipis

1 lembar daun salam
200 ml air
garam secukupnya
1/2 sdt gula pasir
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus
3 siung bawang putih
6 butir bawang merah
1 sdt terasi, dibakar
4 buah cabai merah besar
5 buah cabai merah keriting
4 lembar daun jeruk,dibuang tulangnya
1 buah tomat

Cara Membuat :
1. Lumuri ikan dengan campuran garam dan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit kemudian goreng ikan (jangan sampai kering), angkat sisihkan.
2.Tumis bumbu halus,daun salam sampai harum kemudian tambahkan ikan dan air aduk rata.
3.Setelah air mendidih cicipi dan tambahkan garam sedikit dahulu dan gula pasir sesuai selera, setelah air menyusut cicipi kembali koreksi rasa. (mengingat ikan sudah digoreng terlebih dahulu dengan garam dan pada bumbu halus ada terasi penambahan garam sedikit2 dulu supaya tidak keasinan)
4.Sajikan


Stay baking n cooking with love,
MF






No comments:

Post a Comment