Sunday, September 28, 2014

Tahu Isi Renyah



Tahu isi siapa gak kenal jajanan satu ini, di setiap daerah hampir selalu ada jajanan satu ini hanya istilahnya berbeda antara daerah satu dengan lainnya, ada yang dikenal dengan nama tahu berontak, tahu susur, tahu sumbat dan juga gehu (tauge tahu) dan masih banyak lagi istilahnya.
Namun isian sayuran rata-rata hampir sama meski nama berbeda ...pastinyahh mengandung tauge.^^



Untuk cocolan tahu isi ini paling favorit menggunakan cabe rawit hijau, tapi ada juga yang pakai sambel kacang, saus tomat dan sambel kecap seperti sayahhh ^^...pastihhh sama-sama enaknyaa..yang penting pedes huehheheh....

Bahan dasar tahu isi 

Hasil tumisan isian tahu

Tumisan tahu isi jika dirasa susah merekat ke dalam tahu bisa ditambahkan 1 sdm maizena/terigu ke dalam tumisan isian saat menumis jangan lupa tambahkan sedikit air, konon hal tsb bisa membantu isian menjadi mudah untuk diisikan ke dalam tahu, namun aku sendiri cenderung tidak pernah menambahkan.


Untuk hasil gorengan renyah disarankan menggunakan tepung terigu protein rendah (kunci biru), namun jika akan mengunakan tepung terigu serba guna/plain flour (segitiga biru) tidak masalah hanya hasilnya akan berbeda.

Supaya kerenyahannya tahan lama maka dalam menggorang menggunakan minyak yang cukup banyak sampai gorengan terendam (deep fry).


Bahan :

10 bh tahu
1 ltr minyak goreng

Bahan Isi :
Untuk bahan sayuran banyaknya bisa di kira kira saja sesuai selera...
4 bh bawang putih, iris tipis
3 bh bawang merah, iris tipis
200 gr Tauge
1 bh wortel serut
1 btg daun bawang, rajang
½ sdt garam
1 sdt gula pasir
1 sdt kaldu bubuk (optional)
½ sdt merica bubuk
3 sdm minyak goreng
Isian tahu yang sudah dihaluskan

Bahan pelapis:
150 gram terigu protein rendah (kunci biru)
100 gram tepung beras
1 sdt ketumbar halus
1/2 sdt garam
Air secukupnya, ditambahkan sampai adonan dirasa cukup kekentalannya (jangan terlalu kental)


Cara membuatnya:
Belah tahu sampai dalam tapi jangan sampai ada sisi yg putus, keluarkan isi tahu dengan mengoreknya menggunakan sendok. Sisihkan tahu. Masukkan isi tahu ke dalam tumisan bahan isi.

Bahan Isi: Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang merah hingga layu, masukkan wortel serut , daun bawang, tauge dan isian tahu , aduk rata. Tambahkan garam, merica, gula, dan kaldu bubuk. Aduk rata dan matangkan taugenya. Test cicip, angkat. Sisihkan.

Bahan Pelapis: Campur semua bahan. Aduk rata hingga halus. Sisihkan.

Penyelesaian: ambil satu buah tahu, masukkan bahan isian dibagian rongganya hingga penuh. Lakukan pada semua tahu.

Panaskan 1 ltr minyak goreng dengan api sedang. Celupkan tahu kedalam adonan bahan pelapis, langsung goreng hingga kuning kecoklatan. Angkat.

Sajikan dengan pelengkap cabe rawit atau saus sambal.





Stay baking n cooking with love,
MF

No comments:

Post a Comment