Sunday, March 26, 2017

Onde-Onde Ketawa


Onde-onde pasti tau dong ya...onde-onde ada yang isinya kacang ijo kupas dan onde mekar seperti yang kuposting.
Onde-onde ini konon katanya makanan khas berasal dari Jawa Tengah, tapi sepertinya disetiap kota sekarang banyak kita temukan penjualnya.
Sebetulnya tinggal beli aja malah praktis ya...tapi aku lagi pengennya onde-onde ketawa ini dan jarang aku temukan yang jual, kalau onde versi isi kacang ijo itu si banyak yang jual.

Kenal onde versi ketawa ini jaman aku masih kecil ada jajanan ini terus terang perasaan dulu makan kok keras banget yaaa....hihihihihi, mungkin karena bahan-bahannya belum secanggih sekarang banyak berbagai macam tipe dan grade (cem rumah aja banyak tipenya huehhe)

Dulu pertama kali aku pernah bikin onde-onde ketawa pas kuliah kerja nyata (KKN) dan aku kebetulan handle posyandu dan ibu-ibu PKK akhirnya bikin program kursus singkat bikin onde-onde ketawa ini hihihihi...masih inget banget dulu aku KKN disalah satu desa dilereng gunung merapi dan kebetulan jaman segitu belum pernah ada yang bikin sendiri ibu-ibunya, alhamdulillah bermanfaat....hmm nostalgia 

Seneng banget liat mekarnya....

Kenapa namanya onde ketawa karena mekarnya ini jadi kayak ketawa ...jadi seperti bolu kukus juga onde-onde ini tingkat keberhasilannya ditentukan apakah dia akan merekah saat digoreng nanti ^^
Rasa dan tekstur onde ini tentu saja berbeda dengan onde isi kacang ijo, onde ketawa ini teksturnya padat dan kulit luarnya renyah.

Onde-onde ketawa sebelum digoreng

Salah satu tips supaya onde-onde ketawa ngakak...saat menggoreng gunakan minyak yang banyak, api kompor keciliilllll saja jangan terlalu besar supaya onde-onde saat digoreng tidak gosong luarnya dan matang didalam. Harus tricky memang untuk menggorengnya intinya api kompor kecil aja yaa dan dimasukkan saat minyak sudah panas.
Kalau menggoreng dengan api besar akan sangat dimungkingkan onde akan mingkem,warna kulit menjadi gelap dan dalamnya kadang belum matang sempurna.




Bahan:
500gr tepung terigu protein rendah
1 sdt baking Powder Double Acting (BPDA)
150gr gula pasir
50gr margarine
1 sdt vanilli
4 btr telur

Bahan lain:
500 ml air
100 gr wijen putih
1 ltr minyak goreng
Cara Membuatnya:
1. Campur tepung terigu dan BPDA, aduk rata. Sisihkan.
2. Kocok mentega dan gula pasir hingga lembut, masukkan telur satu persatu sambil tetap dikocok sampai mengembang. Matikan mikser.
3. Tuang terigu kedalam adonan telur, aduk rata dan uleni perlahan sampai bisa dipulung.
4. Bentuk bulat seperti bola ping-pong, celupkan kedalam air sebentar langsung gulingkan diatas wijen putih.
5. Goreng dalam wajan dengan minyak banyak dan api sedang hingga mekar dan berwarna kuning kecoklatan.
6. Angkat. Tiriskan. Dinginkan dan simpan dalam toples.


Stay baking n cooking with love,
MF

No comments:

Post a Comment