Wednesday, October 30, 2013

Bolu Kukus (tanpa air soda dan tanpa baking powder)





Bolu kukus againnnnnn….kali ini bikin bolu kukus beda dengan resep sebelumnya, kalau sebelumnya pakai air soda kali ini aku tidak pakai air soda bahkan tidak memakai baking powder juga.


Dan pribadi aku lebih suka resep yang kali ini karena lebih lembut menurutku karena ada campuran susu bubuk dan susu cair…yummy….dan tentunya lebih sehat untuk anak-anak karena tidak pakai air soda ^^
Jika tidak mau susu cair bisa diganti santan pun sama enaknya lho…




Untuk warnanya aku memakai warna ungu dan merah muda, dan hasilnya cantik bangettt kayak pelangi berwarna warni….^^ (makanya untuk kali ini foto yang di post banyakan habis seneng banget liat warnanya hehehhe), jangan lupa ya pilih pewarna makanan yang aman untuk konsumsi ^^

Bolu kukus ini bakalan jadi salah satu kue favorit yang sering dibikin hehehe...selain karena mudah buatnya , papio hobby banget makan kue satu ini...

Selamat mencoba yaa....


Stay baking n cooking with love,
MF






2 comments:

  1. Tadi pagi, saya coba buat roti kukus, hiks hiks...tapi gagal mbak, sama sekali gak mengembang. Padahal sudah sesuai dg ressep yg saya punya. Semoga dg resep dari mbak ini, saya bisa berhasil buat roti kukusnya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Mbak Citra...ayoo mbak coba lagi jangan patah semangat yaaa...berikuta saya lampirkan tips supaya sukses mengembang cantik bolunya...:)

      - Saat mengocok adonan gunakan mikser kecepatan tinggi supaya adonan benar-benar mengembang, kocok sekitar 15mnt.

      -Isi adonan hingga sejajar dengan tinggi cetakan, karena pengisian yang kurang bisa menyebabkan bolu tidak bisa mengembang sempurna.

      -Panaskan panci pengukus 15 menit atau hingga air didalam panci mendidih, sebelum adonan dimasukkan agar panas yang dihasilkan menjadi maksimal.

      -Setelah adonan dimasukkan, atur api dengan panas yang tinggi agar pengukusan bisa merata dan bolu mekar.

      -Bungkus tutup panci pengukus dengan serbet/lap yang bersih agar uap air tidak menetes pada adonan karena hal itu bisa membuat bolu tidak mekar.

      -Jangan membuka tutup panci sebelum bolu benar-benar matang agar proses pengembangan tidak terganggu, Sekitar 10 menit baru boleh dibuka. Gunakan bantuan lidi untuk memastikan bolu sudah matang apa belum dengan cara tusuk adonan jika tidak ada adonan yang menempel pada lidi berarti bolu sudah matang.

      Delete