Monday, May 27, 2013

Klapertart Wilton


Akhirnya kesampaian juga bikin klapertart ini ^^...udah lama banget pengen bikin tapi baru di niatin sekarang padahal bahan-bahannya udah lama aku beli.
Klapertart ini kue khas manado,,,biasanya sebelum bisa bikin aku lumayan sering beli karena kebetulan kue satu ini favoritku dan hubby ^^


Klappy ini ternyata bikinnya gak terlalu ribet (menurutku yaa...) cenderung mudah dan bahan-bahannya mudah ditemukan, aku gak tau juga faktor apa yang bikin harga klapertart kalau beli harganya lumayan mahal yakk....tau gini bikin sendiri dari dulu hihihihihii ,lumayan ngirit.....#maklumjiwaemak2 (padahal kalau lagi baking blue, mending beli juga akhirnya hahahhaha tinggal makan...)


Aku bikin klapertart ini pakai cup alumunium foil kecil dan loyang alumunium foil ukuran sedang, jadinya lumayan banyak jadi puass bangett makannya. Untuk topingnya ada yang aku pakein keju almond dan ada pula yang ditaburi kayu manis bubuk.



Bahan :

1000 cc fresh milk (aku pakai susu UHT)
 250 gram gula pasir
 50 gram tepung terigu
 50 gram tepung custard
 50 gram maizena
 150 gram mentega atau margarin
 6 butir kuning telur
 2 buah kelapa muda, kerok isinya saja
 100 gram kenari panggang cincang (aku pakai almond 50gr dicincang trus di sangrai pake wajan teplon sebentar aja)
 Kayu manis bubuk (secukupnya)

Topping :
 6 butir putih telur
 4 sdm gula pasir
 2 sdm tepung terigu/custard (aku pakai 7sdm)

Taburan :
Kismis direndam air hangat & kayu manis bubuk ( aku pakai keju dan almond)

Cara Membuat :
Didihkan 800 cc fresh milk dan gula pasir (aku pakai 700 ml susu)
Larutkan tepung terigu, custard dan maizena dengan 200 cc fresh milk (aku larutkan dgn 300 cc susu)
Masukkan campuran susu dan tepung ke dalam susu panas, aduk terus sampai mengental dan meletup-letup
Angkat dari api, masukkan mentega/margarin, aduk rata
Masukkan kenari (almond)dan kayu manis bubuk
Masukkan kuning telur satu persatu
Masukkan daging kelapa muda, aduk rata
Masukkan adonan ke dalam cup sampai ¾ tinggi
Panggang dengan cara au bain marie selama 15 menit dengan suhu 160° sampai ½ matang

Sambil menunggu adonan di panggang siapkan adonan topping…
kocok putih telur dengan mixer
Masukkan gula sedikit sedikit sambil tetap mengocok sampai kaku
Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan spatula (aku pakai mixer kecepatan rendah)
Masukkan dalam plastik segitiga dan gunting ujung plastiknya.

Setelah adonan setengah matang…
Semprotkan toping keatas adonan ½ matang sampai cukup tinggi, taburi dengan kismis dan kayu manis bubuk (aku keju dan almond)
Panggang lagi sampai toping berwarna kekuningan.


Note :
- Untuk kelapa mudanya pilih yang muda (istilahnya klamud) dan saat mengeruk kulit arinya diusahakan jangan ikut terkeruk.
-Toping aku memakai 7 sdm tepung, karena jika hanya 2 sdm hasil topingnya akan kurang kokoh (kembali lagi ke selera masing2 yaa)
Aku memakai 7sdm tepung custard sehingga hasil topingnya berwarna kuning, jika pembaca akan memakai tepung terigu juga bisa hanya hasil topingnya berwarna putih. Baik tepung custard/tepung terigu hasilnya sama enaknya dan tetap cantik..

Stay baking n cooking with love,
MF

No comments:

Post a Comment