Saturday, June 11, 2016

Sayur Lodeh


Postingan kali ini aku jamin semua pasti sudah pandai untuk mengolah sayur satu ini. Resep warisan peninggalan nenek moyang kita yaitu sayur lodeh.
Berhubung ini sayur sudah membumi banget, resep kali ini tanpa banyak ba bi bu aku suguhkan saja foto-fotonya yaaa hihihihi...


Ceritanya untuk memperkaya isi blog boleh lah yaa sayur lodeh pun aku posting, untuk resep sayur lodehku ini aku memakai resep alm mamaku yang biasa digunakan, dan pastinya hampir sama dengan resep buibu sekalian yang biasa diolah dirumah.


Sayur lodeh untuk isian bisa disesuaikan dengan selera masing-masing seperti terung, nangka muda, kacang panjang, labu siam dll.
Untuk bumbunya pun kadang ada yang menambahkan beberapa butir petai dan ebi untuk penyedap (kalau orang jawa bilang untuk sedep-sedep), ini aku pernah coba dan memang beneran sedep!!.

Bahkan yang lebih ekstrim ada yang kadang menambahkan tempe yang sudah beberapa hari disimpan, konon katanya dengan menambahkan sedikit potongan tempe yang sudah disimpan beberapa hari (tempe kemarin, kalau orang jawa bilang tempe bosok) rasanya ada sensasi tersendiri pastinya lebih sedep (konon). Penambahan tempe ini belum pernah kucoba mungkin lain waktu yaa.. 

Untuk penambahan gula aku memakai gula jawa (ala-ala wong jowo) biar lebih sedeppp, sedikit aja yaaa jangan banyakan nanti jadinya bukan sayur lodeh tapi malah kolak ^^ hueheh

Sayur yang biasa aku olah untuk lodeh yaitu terung,kacang panjang,daun melinjo dan jagung manis


bumbu yang sederhana, aku biasa dirajang saja yang praktis namun ada juga yang di haluskan 



Resepnya aku memakai takaran kira-kira, untuk ukuran bumbu disesuaikan saja dengan banyaknya sayur ya buibu, mudah kok dijamin ^^


Bahan :
Terung Ungu
Kacang Panjang
Daun Melinjo
Jagung Manis
Daun Salam
Lengkuas Geprek
Santan (encer dan kental)
5 butir Petai (belah)-(optional)
Ebi (optional)
Garam secukupnya
Gula Jawa secukupnya

Bumbu Dirajang :
Bawang Merah 8 buah
Bawang Putih 3 siung
Cabe Merah Keriting (sesuai selera aku biasa hanya 3-5 buah,sesuai selera)

Cara Membuat :
-Masukkan santan encer dan bumbu rajang beserta daun salam,garam, gula jawa dan lengkuas masak hingga mendidih kemudian masukkan sayur dari yang keras dahulu jagung setelah setengah matang masukkan terung
-Setelah Terung empuk masukkan santan kental tunggu mendidih sebentar, test rasa kemudian masukkan kacang panjang dan daun melinjo.(kacang panjang dan daun melinjo aku masukkan terakhir supaya tidak cepat layu dan warna tetap cantik)
-Sajikan



Stay baking n cooking with love,
MF






1 comment:

  1. Hi kak,

    Perkenalkan saya merlyn dari situs HL8 ingin menawarkan kerjasama dalam bentuk program affiliasi dimana anda bisa mendapatkan keuntungan komisi 40% flat dari kami setiap bulannya, Apabila anda tertarik silahkan hubungi kami di affiliate[a]hl8asia .com atau fb saya.

    Terima kasih atas perhatiannya

    merlyn

    ReplyDelete