Friday, April 17, 2015

Soto Mie

Menjelang autumn yang makin dingin cocoknya selalu pengen makan yang hangat-hangat,tentunya makanan khas nusantara. Kayak pagi ini bingung pengen masak apa yang anget n seger akhirnya pilihan jatuh ke soto mie.


Cek persediaan di kulkas Alhamdulillah ada semua, pas cek bahan untuk bikin risol .... yahh ternyata ga punya bihun kering,gagal deh soto mie hari ini. Eee tapi pas buka frezer masih ada persediaan vegetable cocktail spring rolls, ya sud pengganti risol bihunnya pakai itu aja praktis tinggal goreng hanya memang isiannya sayuran bukan bihun tapi bukan masalah besar lah ya hihihihi...yang penting bentuknya menyerupai risol meskipun mini (apasee)... yang penting capeknya berkurang karena gak perlu bikin risol ^^



Pada umumnya soto mie pakai kikil tapi kali ini aku hanya pakai daging karena gak ada persediaan kikil dikulkas, next time mau coba bikin versi pakai kikil kebetulan di Melbourne halal butcher banyak tersedia kaki sapi (Indahnya tinggal di Melbourne hampir semua jerohan tersedia dan harga tidak jauh dengan di Indonesia, udah bersihhh bangett pula ..  hehehe)

Bahan:
500 g daging sandung lamur (aku pakai gravy beef)
250 g campuran kikil sapi (aku ganti daging)
2 liter air
250 g mie basah, siram air panas, tiriskan
100 g bihun basah, rendam sebentar dalam air panas
150 g kol, iris halus
4 buah tomat, iris halus
2 sendok makan minyak untuk menggoreng



Bumbu, haluskan:
8 siung bawang putih
10 buah bawang merah
2 sendok teh garam
6 buah kemiri
1 sendok teh merica butiran



Pelengkap:
1 batang daun bawang, iris halus
1 batang daun seledri, iris halus
5 buah risol goreng, iris tipis
2 sendok makan bawang goreng
Emping goreng
Cuka
garam
Kecap manis
Sambal
air jeruk limau



Cara Membuat:

  1. Rebus daging, kikil sampai empuk.Keluarkan daging , kikil iris kecil-kecil. Sisihkan. Tiriskan kaldu, didihkan kembali.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum.Masukkan ke dalam kaldu.
  3. Penyajian: taruh dalam mangkuk saji, mie, bihun,kol, tomat, risoles, campuran daging, kikil atau usus, daun bawang, daun seledri, tomat, emping, bawang goreng. Tuang kuah kaldu ke dalamnya.
  4. Tambahkan cuka, kecap manis, air jeruk limau dan sambal.

Stay baking n cooking with love,
MF

No comments:

Post a Comment