Wednesday, October 21, 2015

Sambal Ikan Roa Manado


Yeayyy ... seneng banget bisa bikin sambal roa ini, karena setiap kali pengen bikin pasti terkendala sama bahan utamanya yaitu ikan roa. Hingga suatu hari my besties Ms. Oni memberiku ikan roa yang sudah diblender jadi tinggal disangrai...rupanya Ms Oni ini tau bener kalo temennya lagi pengen banget bikin sendiri sambal ikan roa. Terus terang di Jakarta nyari ikan roa asap susyehhh benerr...yakalee aku mesti ke manado dulu demi beli ikan roa ...Makasii Ms Oni ikan roanya dianter pula ikannya hihihihi gapapa ya sekali-kali ngerepotin hihihihi....jangan kapok ya mpokk..

Sebetulnya sudah banyak penjual online sambal ikan roa jadi tinggal makan gak pake repot, sama enaknya juga tapi tetep bikin sendiri tuh lebih enak.. freshh n terjamin kualitasnya # tsahhh apaseeee...setuju kan..

Sambal Roa ini adalah sambal khas manado yang mana bahan utamanya selain cabe adalah ikan roa, nah ikan roa ini khas manado konon katanya hanya ada di perairan Manado, Maluku dan Sulawesi.
Biasanya sambal roa ini disantap bersamaan dengan bubur Manado,,,hmmm terbayang kan yummy nya....Sambalnya ada rasa ikan2 nya...
Sambal Roa ini dimakan hanya dengan nasi panas pun sudah endeuss banget sodarah2....secara ni sambal udah ada ikannya ...pokoknyaaa super duper yummy...bikin ketagihan...dijamin !!^^

Penampakan ikan roa yang sudah diblender/dihaluskan sehingga aku tinggal sangrai aja

Bahan Cabe dkk

Seperti biasa untuk kategori masakan mengandung cabe atau sambal-sambal an dirumah cuma mamio yang makan , Papio seperti biasa ga doyan pedes hihihihi jadi nih sambal awet sampai beberapa hari...Alhamdulillah ini sambal roa sifatnya awet selama penyimpanannya benar dengan wadah tertutup rapat dan dimasukkan kulkas..tiap kali makan tinggal dihangatin di microwave.


Saat aku bikin sambal roa ini aku sekalian bikin bubur manadonya/ bubur tinutuan ...padanan yang pas...Cuman karena sesuatu hal buburnya gak kefoto di kamera hiks hiks...jadi gak bisa posting barengan..next time kalau bikin bubur manado lagi pasti aku posting...
Berikut bahan membuat sambal roa ..disesuaikan selera saja yaa karena aku pakai ilmu kira-kira..

Bahan :
- Ikan Roa Asap  (dihaluskan/Blender) sangrai sebentar ,banyaknya sesuai selera dikira-kira saja
- Cabe merah/Rawit, sesuai selera
- Bawang Merah, lebih banyak daripada bawang putih
- Bawang Putih
- Tomat
- Sedikit Garam dan Gula
- Terasi (bila suka, sambal roa manado biasa tidak memakai terasi)

Cara Membuat :
- Goreng dengan minyak cabe,bawang merah,bawang putih dan tomat
- Kemudian diblender kasar/diuleg
- Goreng kembali dengan sedikit minyak (sesuai selera mau sedikit berminyak atau kering) kemudian    masukkan ikan roa aduk rata,cicipi.
- Siap disajikan


Stay baking n cooking with love,
MF




No comments:

Post a Comment