Tuesday, October 28, 2014

Pandan Pound Cake


Pound cake siapa yang tidak kenal jenis kue satu ini, kue klasik jaman dahulu yang sering kita temukan di kotak snack hajatan seperti arisan atau pengajian.
Dulu aku pernah bikin yang klasik yaitu Marmer Pound Cake, nah kali ini aku mencoba bikin yang rasa pandan. Karena banyak referensi mengatakan kue ini tidak kalah enaknya dengan marmer pound cake.


Bahan-bahannya mudah didapat, untuk pandan pound cake ini ada tambahan susu kental manis (SKM) berbeda dengan marmer pound cake yang tidak menggunakan SKM.
Memanggangnya pun dengan tehnik au bain marie sehingga banyak yang mengatakan kue ini lembut. Setelah aku mencicipinya ternyatahh sungguh lembut pemirsahhh ^^...


Terlihat tekstur bagian dalam cake, padat tapi lembut dengan aroma pandan bercampur susu pokoknyaa enyakkkkkk, gak salah aku coba bikin ^^
Dan karena ini jenis pound cake jadi makan beberapa potong terus terang kenyang, mungkin kalau pas perut kosong cocok jadi bisa habisin beberapa potong sekaligus hihihihihi #kenyang apa doyan ...

Bahan :
- 120 gr butter 
- 120 gr terigu protein sedang (kunci biru)
- 1/2 cup susu kental manis (150 gr)
- 40 gr gula halus
- 2 butir telur
- 1/2 sdt vanila bubuk

- 1 sdt pasta pandan
- 1/2 sdt garam halus

Cara membuat : 
1.  Kocok butter/margarin dan gula halus sampai lembut mengembang. Tambahkan garam dan vanilla. Kocok rata.
2. Tambahkan susu kental manis, kocok hingga rata.
3.  Dengan mixer kecepatan rendah masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok.
4. Tambahkan telur satu persatu. Jarak pengocokan antara telur satu dan yang lainnya adalah 1 menit. Kemudian masukkan pasta pandan. Tuang dalam loyang loaf yang sudah dioles margarin, dialasi kertas roti dan dioles kembali.
5. Isi loyang lebar berisi air dan taruh di rak paling bawah. Taruh loyang adonan di rak tengah. Panggang dalam oven panas 180C selama 25 menit. Keluarkan loyang berisi air. Turunkan panas oven menjadi 160C lanjutkan memanggang selama  20 menit atau sampai cake ditusuk sudah tidak lengket lagi.




Stay baking n cooking with love,
MF

No comments:

Post a Comment