Thursday, September 4, 2014

Ontbijtkoek


Ontbijtkoek (The Dutch Spice Breakfast Cake), yang artinya adalah kue yang dimakan untuk sarapan (ontbijt = breakfast/sarapan, koek = cake/kue). Merupakan salah satu kue khas Negara Belanda.  Di negara asalnya kue ini biasa disajikan untuk sarapan dengan lapisan tebal mentega diatasnya, sebagai pengganti roti.



Aslinya ontbijtkoek ini tidak menggunakan lemak apapun (margarin, butter, minyak), dan hasil cakenya cenderung kering. Oleh karena itu cake ini sering dinikmati dengan olesan butter ketika masih hangat.
Di Indonesia versi kue ini sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia, ada versi muffin, butter cake dan spongecake. Dan pastinya dapat dinikmati kapan saja ^_^ bukan hanya saat sarapan...

Adonan sebelum dan sesudah di oven

Ontbijtkoek ini terkenal dengan aroma khasnya karena memakai rempah-rempah seperti kayu manis, pala dan juga cengkeh,, hmmm kebayang kan bagaimana harumnya. Ketiga bumbu tersebut aku memakai praktisnya saja yaitu bumbu spekoek.(bumbu spekoek biasa digunakan dalam adonan kue lapis legit)

Ontbijtkoek ku ini tentu sudah versi Indonesia karena ada penggunaan margarin/butter, jadi dijamin lembut n gak seret ^_^


Gak ada salahnya mencoba bikin kue satu ini, aroma khasss rempah-rempah yang wangiiiii....maknyusss pokoknyaa...


Bahan:
5 butir telur
1 sdt cake emulsifier (optional)
100 gram gula aren bubuk/gula semut
50 gram gula pasir
100 gram tepung terigu protein sedang (all purpose flour)
25 gram maizena
20 gram susu bubuk
2 sdt bumbu spekoek (peres/rata)
75 gram margarin/butter, lelehkan
Almond slice/kenari untuk taburan

Cara membuat:
1. Kocok telur, gula aren bubuk, gula pasir dan cake emulsifier hingga mengembang, kental dan berjejak. Masukkan campuran tepung terigu, maizena, susu bubuk dan bumbu spekoek yang sudah diayak secara bertahap. Aduk rata.
2. Masukkan margarin/butter leleh. Aduk balik hingga merata.
3. Tuang ke loyang yang sudah dialas kertas roti dan dioles margarin. Taburi almond/kenari.
4. Panggang dalam oven suhu 180'C hingga matang. Test sentuh dan test tusuk. Angkat dan segera keluarkan dari loyang. Dinginkan.

Note:
- Gula aren bubuk/gula semut bisa diganti dengan palm suiker/gula palem yang dijual di pasaran. Tapi sekedar info, palm suiker yang dijual di pasaran adalah gula campuran gula aren dan gula pasir, jadi tidak 100% gula aren. Sedangkan gula aren bubuk/gula semut 100% gula aren.
- Test sentuh permukaan cake ketika merasa cake sudah matang (selain test tusuk), jika permukaan disentuh sudah tidak kempes/lembek berarti cake sudah kokoh untuk dikeluarkan dari oven.
- Selain almond/kenari, bisa juga ditaburi wijen, kismis, chocolate chips, dsb.

Source Ordinary Kitchen



Stay baking n cooking with love,
MF

No comments:

Post a Comment