Sunday, September 28, 2014

Mie Goreng Jawa


Mie Goreng satu ini termasuk salah satu resep andalanku, bahan-bahannya mudah didapat dan rasanya njawani bangetsss (hihii bahasanya yaa...), kalau mudah bikinnya tentunya hampir semua resep mie goreng gampang yaa hihihihi (apalagi indomi goreng seleraku sambil merem juga jadi wkkwkw #lebayyy)..tapi kalo yang rasa njawani kan jarang-jarang sepertinyahh...

Kalau aku dan keluarga berkunjung ke Yogyakarta pasti tidak pernah melewatkan jajanan mie jawa nya baik yang di godog ataupun goreng.
Tapi di Jakarta pun aku punya langganan favorit  per mie-an jawa ini yaitu JAPHE METE..enakkkkkk n pastinya ga perlu jauh-jauh ke Yogyakarta hehhe....

Pastinya mie goreng makanan favorit hampir semua kalangan baik dewasa ataupun anak-anak gak pernah ada yang bosen sama namanya mie goreng...^_^

Kalau sebelumnya aku pernah membuat mie godog jawa, nah kali ini aku aku  buat versi gorengnya..sama-sama yummo ^_^


Untuk isian mie goreng ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing bisa pakai telur orak arik,daging ayam, daging sapi, bakso atau sosis.
Begitu pun dengan isian sayurannya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Mienya sendiri bisa memakai mie kering atau mie basah, kalau mie goreng jawa sendiri biasanya memakai mie basah, tapi jika sulit nemuin mie basah pakai mie keringpun tetap okee...^^
O ya untuk merica nya disarankan memakai yang butiran supaya hasilnya lebih sedap dan mantap..


Bahan
3 sdm minyak, untuk menumis

Haluskan
7 butir bawang merah
4 siung bawang putih
½ sdt merica butir
4 butir kemiri
1 sdt garam

Untuk banyaknya isian bisa dikira-kira sesuai selera yaa
150 gram daging sapi rebus, iris tipis (aku memakai telur orak arik dan daging salami)
1 batang daun bawang, potong-potong (aku memakai sawi hijau)
3 lembar daun kol, iris halus (aku memakai wortel)
100 ml air kaldu sapi
4 sdm kecap manis
250 gram mi basah, seduh air panas
Bawang goreng untuk taburan


Cara Membuat
Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum dan matang.
Masukkan daging sapi rebus, aduk-aduk sampai harum.
Tambahkan daun bawang, kol, air kaldu, dan kecap manis. Aduk dan biarkan mendidih.
Masukkan mi basah. Aduk sampai air habis. Angkat.
Sajikan mi goreng jawa dengan taburan bawang goreng.




Stay baking n cooking with love,
MF

No comments:

Post a Comment