Saturday, August 23, 2014

Gulai Daun "Singkong" Silverbeet & Ikan Teri


Jika di luar negeri sulit mendapatkan daun singkong , bisa diganti dengan silverbeet, tidak perlu direbus dahulu, cukup dipotong-potong saja daunnya dan buang batangnya yang berwarna putih/merah karena pahit. (Silverbeet ada 2 jenis yaitu White Silverbeet & Red Silverbeet)

Silverbeet ini sering aku temukan banyak beredar di supermarket atau market di Melbourne,kurang paham juga apakah sayur ini asli sini atau bukan tapi yang pasti belum pernah aku temukan di Indonesia, soal rasa aku sempat ragu untuk mencobanya melihat daunnya yang besar dan kokoh kok terlihat gak menarik ..bahkan sempet bingung dimasak apaan ..heheh ^_^

Namun banyak yang bilang sayur ini bisa menggantikan daun singkong yang tidak beredar (atau bahkan tidak ada samasekali ) di Melbourne, okaylah akhirnya aku penasaran juga mencobanya .

Penampakan white silverbeet ^^

Beli seikat sudah lumayan banyak dan aku berencana membuat gulai daun singkong dengan ikan teri …kangen bangettttt sama sayur singkonggg…^_^

Gulai daun singkong ada yang diolah dengan penambahan kunyit ada yang tidak,dan hal tersebut hanya dimaksudkan menjadikan warna kuah yang kuning, dalam segi rasa tidak berpengaruh samasekali. Jadi sesuai selera saja mau kuahnya kuning atau tidak, dan kali ini aku membuatnya gak pakai kunyit.

Sayur ku ini laku keras lho sama papio n babykol..senangnyaaaa^_^



Dan ternyatahhhh rasa nya beti alias beda tipis sama daun singkong sodarah-sodarah hehehhe... ternyata bayanganku liat daunnya yang gak menarik untuk dimasak salah besar ( istilah don't judge a book by its cover berlaku juga buat sayuran ya hahhahah…:p) dan pastinya udah gak bingung lagi kalau kangen sayur singkong ..karena udah ada sayuran penggantinya….Thanks God!

Berikut resep yang biasa aku pakai memasak gulai daun singkong...

Bahan :
1 ikat silverbeet (2 ikat daun singkong)
50 gr teri  (anchovy fish)
1 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
1 ruas lengkuas
1 ruas jahe
1 batang serai, memarkan bagian putihnya
1 liter santan (atau sesuai selera), santan encer dan santan kental
garam dan gula secukupnya
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus :
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri sangrai
1 sdm ketumbar bubuk
1 sdt merica bubuk
3 cabe merah besar (aku gak pakai karena supaya anak-anak bisa makan juga)
2 cm kunyit bakar (aku gak pakai)


Cara Membuat :
 - Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun salam, lengkuas, jahe, daun jeruk dan serai. 
 - Tambahkan santan encer tunggu hingga mendidih kemudian masukkan teri dan daun silverbeet.Kemudian tambahkan lagi santan kental.
 - Bumbui dengan garam dan gula pasir. Masak hingga mendidih dan test rasa hingga sesuai selera..
 - Angkat dan siap disajikan.


Note :
Ikan Teri menurutku wajib disertakan dalam memasak gulai daun singkong/silverbeet supaya rasanya lebih mantap ..^^..so yummooooo..


Stay baking & cooking with love,
MF

1 comment:

  1. Lg ngidam gule daun singkong, seneng bgt nemu resep ini. Makasi resepnya enaaakkk 😋 Baru kali ini jg nyoba silverbeet, beneran hampir sama rasanya, terharuuu...

    ReplyDelete