Thursday, November 14, 2013

Tongseng Kambing

Tongseng adalah sejenis gulai dengan bumbu yang lebih "tajam". Perbedaan yang lebih jelas adalah pada penggunaan dagingnya. Tongseng dibuat dengan menggunakan daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang. Tongseng pada umumnya menggunakan daging kambing, meskipun ada pula tongseng daging sapi dan kerbau. Sebagai tambahan, ke dalam kuah kental dimasukkan sayuran seperti kol, bawang putih, tomat, dan kecap. Bumbu merupakan oseng-oseng yang terdiri dari campuran garam, bawang putih, kecap, dan lada. Biasanya tongseng dijual bersamaan dengan sate kambing. Tongseng dianggap sebagai makanan khas daerah Solo dan sekitarnya.


Biasanya aku hampir gak pernah masak tongseng secara di Jakarta kalau lagi kepengen tinggal beli praktis & gak pake capek hehehe,nah karena disini gak ada yang jual kemarin di sempetin bikin berhubung aku & hubby kok tiba-tiba kangen sama tongseng jadi diniatin banget untuk bikin sendiri.


Kebetulan juga di sini untuk beli daging kambing mudah ditemui di halal butcher, dan untuk bumbu segar pun banyak di jual di toko asia. Jadi bukan halangan lagi buat diniatin masak tongseng secara semua mudah didapat disini, tinggal niat ingsun aja ini mahh...^^


Akhirnya tongsengnya jadi juga ^^ lumayan buat ngobatin kangen hehhee, n kata papio tongsengnya rasanya gak kalah ma yang sering dijual di Jakarta (hahahhahaha doi jujur ga yaaa...). Tapi seneng juga tongsengnya laku jadi perjuangan (#tssaahhh istilahnya berattt padahal gitu doang yak) ..mangsudnya perjuangan belanja n terutama ngeracik bumbu terbayar gak sia-sia setelah lihat hasil n rasanya hihihihi.....

Foto diatas saat proses pemasakan tongseng ^^

Oke dweehh langsung aja ke resep yuksss, n jangan lupa dicoba dirumah yaaa...

Bahan :
500 gram daging iga kambing, potong-potong
2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
4 lembar daun jeruk purut, robek-robek
5 buah ceng keh
1.5 liter santan cair
1/2 buah kol, potong-potong kasar
2 buah tomat, potong-potong
3 sdm kecap manis
10 buah cabe rawit utuh
4 sdm minyak untuk menumis
Bawang goreng untuk taburan

Bumbu halus :
10 butir bawang merah
6 siung bawang putih
3 buah cabe merah
3 cm kunyit, kupas lalu cincang kasar
8 butir kemiri
2 sdt ketumbar bubuk
1 sdt jintan bubuk
1 sdm lengkuas bubuk
3 sdm garam
2.5 sdm gula pasir
1 sdt merica bubuk


Cara Membuat:
1. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum.
2. Tambahkan serai, daun jeruk, cengkih. Masak hingga harum.
3. Masukkan potongan daging, aduk-aduk sampai berubah warna.
4. Masukkan santan biarkan sampai mendidih.
5. Tambahkan kol, tomat, kecap manis dan cabe rawit. Masak di atas api kecil sampai kol layu dan daging kambing empuk. Angkat dari api.
6. Sajikan dengan ditaburi bawang goreng.



Stay baking n cooking with love,
MF


No comments:

Post a Comment